Mengapa diperlukan AKSI for school?


Kekuatan asesmen formatif adalah sebagai assessment for learning dan assessment as learning.

Diagnosa yang diperolah dari hasil asesmen formatif, baik diagnosa level individu maupun diagnosa di level kelas, dapat digunakan sebagai umpan balik pembelajaran, memberikan gambaran kepada guru mengenai kemampuan siswa untuk menyusun strategi pembelajaran.



AKSI for School adalah tools yang disediakan oleh Puspendik-Balitbang-Kemdikbud, berupa modul formatif asesmen yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa pada topik-topik esensial di pelajaran bahasa, matematika, dan IPA.

Mengapa diperlukan AKSI for school?
  1. Upaya memperkuat kompetensi siswa agar “gap” dengan standar internasional tidak lebar dan/melebar.
  2. Menginspirasi model penilaian yang lebih beragam baik level kognitif, format, maupun konteks.
AKSIforSchool adalah upaya untuk memperkaya penilaian formatif di sekolah, Alat bagi guru untuk mendiagnosa kemampuan siswanya pada topik-topik yang subtansial, Didesain sebagai modul berbasis komputer yang memiliki keuntungan: 
  • format soal beragam dengan stimulus yang lebih variatif (misal animasi, simulasi percobaan, wacana hiperlink) 
  • murah dalam penggandaan dan disseminasi 
  • mudah untuk mengorganisasikan kegiatan penilaian formatif 
  • dokumentasi data respon jawaban siswa yang memungkinkan diagnosa di level individu, kelas, maupun sekolah pada setiap butir soal 
  • hasil analisis berupa datasheet yang mengindikasikan jumlah soal yang dijawab benar setiap siswa serta jumlah siswa yang menjawab benar setiap butir soal.
Modul AKSI for School :
Pemahaman membaca: 
(1)teks narasi, 
(2)teks deskripsi, 
(3)teks eksposisi, 
(4)teks eksplanasi, 
(5)teks laporan, 
(6)teks prosedur, 
(7) teks pengayaan-mixed genre. 

Matematika: 
(1) pola bilangan, 
(2) persamaan dan rumus, 
(3) bentuk aljabar, 
(4) bilangan cacah dan bilangan bulat, 
 (5) peluang, 
(6) interpretasi data, 
(7) pengaturan dan representasi data, 
(8) pengukuran, 
(9) bentuk-bentuk geometris, 
(10) lokasi, pergerakan, dan spasial, 
(11) rasio, proporsi dan persentase, 
(12) pecahan dan desimal 

IPA : 
(1)gaya dan gerak, 
(2) perubahan pada lingkungan, 
(3) perkembangan dan siklus hidup organ, 
(4) keanekaragaman, adaptasi dan seleksi, 
(5) ekosistem, 
(6) struktur, fungsi dan proses pada organisme,
(7) karakteristik dan klasifikasi makhluk hidup, 
(8) jenis, sumber, dan konversi energi, 
(9) panas dan suhu, 
(10) kesehatan manusia, 
(11) cahaya dan optik, 
(12) listrik dan magnet, serta 
(13) wujud benda dan perubahan fisika

Penyajian Modul AKSI for School
Semua modul dikemas dalam suatu aplikasi komputer yang dapat dicopykan melalui USB flashdisk. (murah dalam penggandaan).
Aplikasi dapat dijalankan dengan cara plug and play serta offline, baik stand alone komputer maupun jaringan. (mudah instalasi).
Setiap modul terdiri dari : 
(1)penjelasan umum (urgensi topik dalam kehidupan sehari-hari, relevansi dengan kurikulum), 
(2) paket soal, 
(3) kunci/pedoman penskoran, 
(4) pembahasan dan umpan balik ke pembelajaran. 
Setiap paket soal maksimal 20 soal, terdiri beragam format soal: pilihan ganda single answer, multiple choice multiple answer, isian singkat, uraian, mencocokkan (drag and drop), format soal technology enhanced items (connecting dot, draw lines, highlight).
Aplikasi terdiri dari menu :
(1)pengaturan kegiatan asesmen formatif, 
(2) asesmen untuk siswa, 
(3) penilaian respon siswa, 
(4) analisis hasil. 
Menu 1-4 dirancang untuk memastikan fleksibiltas guru dalam menyelenggarakan asesmen formatif, mendokumentasian hasil, sekaligus menarik umpan balik hasil asesmen.



DOWNLOAD APLIKASI AKSI4SCHOOL UNTUK SMP :
Versi  aksi4school_smp_rev_6_sep_2018
Langsung : [G-Drive]
Subscribe : [G-Drive] atau [G-Drive]














0 Response to "Mengapa diperlukan AKSI for school?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel