Keseruan LDK di Sekolah

Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.
Tahun Ini Pelaksanaan cukup disekolah saja, dikarenakan kondisi cuaca yang tidak stabil. Meskipun demikian antuasia para calon kader OSIS sangat antusias dalam mengikutinya.
Dimulai pada hari Jum'at, 08 Feberuari 2019 pukul 13.30 sebagian siswa sudah tepat waktu berangkat.
Sebagian besar siswa sudah datang tepat waktu
Kegiatan diawali dengan checking peralatan dan absensi. Serta pembekalan sehingga siswa dituntut memiliki kemampuan sebagai pendengar sekaligus penyampai pesan yang baik agar dapat menyampaikan pesan yang benar dari awal hingga akhir. Setelah itu dialnjutkan dengan materi PBB, di lapangan sekolah.




Namun,  disini kegiatan sedikit dirubah menyesuaikan keadaan lingkungan dikarenakan kondisi diluar ruangan tiba tiba  hujan deras. Maka terpaksa PBB dilakukan di masing - masing halaman kelas. 


Dengan pelatihan PBB diharapkan siswa dapat meningkatkan dalam kedisiplinan, kebersamaan dan kekompokannya dalam sebuah kelompok.
Setelah kegiatan PBB disambung kedalam ruangan lagi, yang diisi dengan cerita cerita motivasi yand disampakan oleh Pak Danang. Dalam Kegiatan ini para peserta sangat antusias dalam menengarkan dan juga ikut aktif saat ada sesi pertanyaan - pertanyaan. terutama pertanyaan yang berhadiah :D. Selain pemerian motivasi, disini para pserta dituntut untuk mengenal satu sama lain dengan menyebutkan Nama, kelas, dan alamat. sehingga para peserta lain dapat mengetahui.
Pemberian motivasi oleh pak Danang
Mencoba menjawa

Apa ya...kok saya lupa :D

Dilanjutkan kegiatan berikutnya adalah permainan dengan menggunakan balon, para peserta dibentuk menjadi beberapa kelompok dan masing - masing kelompok diuji kekompakkannya.


pasti yang diuntungkan yang punya kelebihan ya...he
Next, kegiatan selanjutnya adalah permainan lagi, namun disini para peserta dimintai sebuah pertanggungjawaban atas kegiatan Pelatihan PBB sebelumnya. Yaps, dikegiatan kali ini Pak Danang mengumpulkan smeua para peserta dilapangan kemudian dicoba dengan beberapa aba - aba dan yang salah keluar dari barisan.
inilah para peserta yang kurang fokus dalam memperhatikan aba - aba

ciye berdua aja ini yang lolos...next dipilih satu aja tapi ya
Selesai kegiatan permainan adalah istirahat dan dilanjutkan dengan sholat berjama'ah. Ceramah singkat setelah sholat pun tidak ketinggalan disampikan ke para peserta LDK, sehingga mampu menambah motivasinya dalam mengikuti kegiatan.


Para peserta antusias dalam mendengarkan ceramah
Selesai sholat, makanan sudah siap. setelah itu langsung diberikan ke para peserta sehingga makan bersama di ruang aula. Tidak lupa diawali dengan do'a bersama kemdian makan deh. selesai makan dilanjutkan sholat berjama'ah sholat isya'.

laper ya....


Setelah sholat berjamaah, dilanjutkan materi Kepemimpinan. nah disini para peserta dituntut agar mampu memberikan contoh seorang pemimpin yang baik bagi teman - temannya. Setelah materi selesai dilanjutkan permainan yang di pandu oleh Bu Nunung, ada dua permainan yang pertama dalah sambung kalimat dimana para peserta dibuat beberpa kelompok dan membacakan kartu diurutkan dengan yang lainnya yang nantinya hasilnya sama tidak dengan kartu yang dibawa awal.
dicheck dulu siapa yang bener ya...

Permainan yang kedua, cukup seru yaitu ppara peserta membentuk sebuah lingkaran besar dan nantinya orang yang mendapatkan bola akan mengucapkan kata yang diawali oleh huruf terakhir dari peserta lain alias permainan sambung kata.
bingung ya cara mainnya

nah..kalau sudah paham asyik kan mainnya
Setelah puas permainan, sampai terlihat pukul 22.00 WIB waktunya tidur. Yaps, tidur bagi peserta.
Setelah jam 00.00 para OSIS lama bangun dan mempersiapakan untuk kegiatan "Jalan Malam".
Langsung saja dibentuk sesuai POS nya masing masing. b


Pembagian tugas dulu
Perjalanan Malam kali ini tidak cukup jau, hanya sampai sebelum desa sebelah dengan rute lurus dari gerbang sekolah.
Di pos pemberangkatan, para peserta dikumpulkan dalam lapangan kemudian diberi beberpa pertanyaan, jika ada yang mampu menjawab berarti peserta tersebut lah yang diberangkatkan.


Selesai kegiatan, paginya setelah sholat subuh berjama'ah para peserta merapikan kembali ruang kelas yang mereka pakai sehingga menjadi bersih kembali. Selesai bersih - bersih langsung sarapan bersama dan dilanjutkan berdo'a bersama terus sayonara...
"Kebersamaan akan larut dalam waktu, namun kenangan akan selalu didalam kalbu" - Farz Add

0 Response to "Keseruan LDK di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel